1. Yerba Buena Island Tunnel Lokasi : Bay Area, California
Latar
Belakang : Yerba Buena Island adalah sepotong kecil tanah kosong di
San Francisco Bay, antara Oakland dan San Francisco. Sebuah jembatan
lima jalur di satu sisi, dengan dua jembatan gantung di sisi lain.
2. Terowongan chanell
Location : Coquelles, Perancis
Latar Belakang: Umumnya dikenal sebagai Chunnel, truktur raksasa ini menghubungkan Inggris dan Perancis. Selesai pada tahun 1994, terowongan 31-mil ini menghabiskan biaya melebihi $ 20 miliar.
Mengapa
Unik : Menghubungkan Perancis dan Inggris melalui Selat Inggris
adalah sebuah ide yang telah dicetuskan ratusan tahun yang lalu. "Ada
usaha-usaha sebelumnya untuk membangun terowongan di sini, tapi
mereka berhenti karena berbagai alasan, baik teknis dan politik,"
kata Hashash. setelah diketemukan teknologi modern, dan menimbang
manfaat jika kedua negara dapat dihubungkan, maka dimulailah mega
proyek ini. Karena panjangnya, desainer membangun terowongan lain
yang lebih kecil untuk jalan melarikan diri jika terjadi kebakaran
atau kecelakaan di dalam terowongan.
3. Terowongan Zion-Mount Carmel Lokasi : Zion Canyon,
Latar
Belakang: Pengemudi akan menemukan struktur ini di antara Gunung
Sion di Taman Nasional Utah dan Bryce Canyon National Park.
Mengapa
Unik: Serangkaian jendela berukir menghiasi sisi terowongan sebagai
sarana pengemudi menikmati pemandangan. "Ketika Anda meninggalkan
Sion menuju ke Bryce, Anda mendaki jalan ini dan pergi melalui
terowongan yang indah ini. Anda dapat melihat formasi batu karang dan
pemandangan cantik," kata Hashash. Karena terowongan dibangun
menembus batu pasir, yang relatif soft rock, insinyur harus
memperkuat struktur beberapa kali selama 80 tahun, menambahkan rusuk
beton dan sistem pemantauan 24 jam.
Latar Belakang : Penjahat telah menggunakan terowongan bawah tanah untuk melakukan segala macam kejahatan, termasuk perampokan bank dan penyelundupan narkoba. Selama dekade yang lalu, terowongan penyelundupan telah ditemukan di wilayah AS, berasal dari Kanada dan Meksiko.
Mengapa
Unik : Pada bulan Desember, para pejabat Amerika Serikat dan Meksiko
menemukan terowongan sepanjang 1000 kaki, yang mengarah ke AS,
meskipun tidak selesai, terowongan ini sudah dilengkapi dengan
pencahayaan, sebuah sistem ventilasi, listrik, dan bahkan lift.
Sebuah pernyataan dari Drug Enforcement Agency (DEA) menunjukkan
bahwa terowongan dibangun selama dua tahun.
Background:
Konstruksi terowongan antarbenua ini dimulai pada tahun 2004, tetapi
penemuan-penemuan arkeologi dari zaman Bizantium dan rintangan
lainnya telah menunda penyelesaiannya.
Mengapa
Unik : Terowongan tabung terbenam ini akan menjadi yang pertama yang
menggabung dua benua yang berbeda, yang berjalan dibawah Selat
Bosporus untuk menghubungkan sisi Eropa Istanbul dengan sisi Asia.
Terowongan Marmaray merupakan terowongan tabung terbenam terdalam di
dunia, dengan kedalaman maksimum 180 meter.
Latar Belakang: Pada pandangan pertama Terowongan Thames tidak tampak mengesankan; panjang 1.300 kaki dan kedalaman 75-kaki dan tampak pucat dibandingkan dengan terowongan lain. Tapi Terowongan Thames adalah tonggak sejarah dalam terowongan rekayasa.
Mengapa
Unik : "Ini adalah terowongan bawah air pertama, dan itu adalah
pertama kalinya konsep perisai tunneling digunakan," Hashash
menceritakan. "Ini adalah tonggak utama." Perisai tunneling adalah
suatu alat yang dikembangkan oleh Sir Marc Isambard Brunel yang
berfungsi sebagai dukungan sementara struktur, konstruksi yang
memungkinkan kru untuk aman, dan datar, menginstal sistem dukungan
permanen di bawah air. Membangun Terowongan Thames itu seperti hal yang
baru pada awal abad ke-19 bahwa pengunjung akan membayar untuk bisa
masuk di dalam lokasi konstruksi, dan bahkan Brunel konser dan jamuan
makan di dalam struktur yang belum selesai. Ketika terowongan
selesai pada 1843, Ratu Victoria memberikan gelar kebangsawanan
kepada Brunel untuk jasanya dalam dunia konstruksi.
Mengapa
Unik : Terletak di 787 meter di bawah permukaan laut, Seikan Tunnel
adalah terowongan terdalam di dunia. Selain itu, dengan panjang 33,5
mil membuat terowongan terpanjang yang sedang digunakan. Penggalian
kawasan geologi dan batuan volkanik yang membosankan dicegah para
insinyur dengan menggunakan mesin canggih, memaksa mereka untuk
menghancurkan dan menggali dengan cepat di bawah Selat Tsugaru.