Lomba Lintas Alam Paling Ekstrem di Dunia

By , - Kamis, 23 Januari 2014 | 21.00.00

Lomba Lintas Alam Paling Ekstrem di Dunia - Naik transportasi darat adalah cara paling umum jika turis ingin mengunjungi Monaco dari Salzburg, Austria. Namun bagi para atlet profesional, trekking dan paragliding sejauh 1.000 Km agaknya sudah biasa. Berani ikut mereka?.

Adalah Red Bull X-Alps,  yang disebut-sebut lomba paling ekstrem didunia. Betapa tidak, para atlet harus mengarungi ganasnya lanskap Pegunungan Alpen dari Salzburg, Austria sampai Monaco. Jaraknya tak kurang dari 1.000 Km.

Bayangkan jarak sepanjang itu hanya boleh ditaklukkan dengan 2 cara: trekking dan paragliding. Oleh karena itu, tak semua orang bisa ikut serta dalam lomba paling ekstrem didunia ini. Mengutip situs resmi Red Bull X-Alps, Pihak penyelenggara hanya mengundang para atlet profesional untuk ikut andil dalam Red Bull X-Alps.

Bahkan bagi para atlet profesional pun, ini adalah lomba paling ekstrem didunia hidup dan mati. Tiap tim terdiri dari 1 atlet dan 2 supporter yang bertanggungjawab atas logistik dan konsumsi. Tiap hari antara pukul 05.00-22.20 waktu setempat, para atlet ini harus trekking dan paragliding untuk mencapai jarak terjauh.

Lomba paling ekstrem didunia
Lomba paling ekstrem didunia

Lomba paling ekstrem didunia


Dibawah ini adalah penjelasan alat-alat dari lomba paling ekstrem didunia.

Alat-alat paragliding seperti parasut, tali, helm, dan lain-lain juga dibawa oleh atlet dan supporter. Lomba paling ekstrem didunia ini rata-rata menghabiskan waktu 10 hari, dengan atlet berjalan kaki sejauh 900 kilometer. Tiap hari mereka membakar sekitar 5.000-7.000 kalori!

Para atlet ini boleh menentukan rute sendiri. Tahun lalu, ada aturan baru dalam Red Bull X-Alps. Masing-masing atlet punya kesempatan untuk istirahat semalam, atau 'Night Pass'.

"Adanya Night Pass ini bertujuan agar para atlet bisa istirahat dan memikirkan taktik. Namun itu artinya, mereka kehilangan 1 malam untuk beristirahat. Dan Night Pass ini hanya boleh satu kali," tutur penyelenggara lomba paling ekstrem didunia, Christoph Weber.

Lomba lintas alam ekstrem ini berakhir 48 jam setelah atlet pertama mencapai garis finis. Urutan-urutan selanjutnya tergantung seberapa jauh si atlet dari Monaco.

Tahun lalu, 31 atlet terbaik dipilih dan diundang langsung oleh pihak penyelenggara. Pemenangnya, Christian Maurer, juga menjadi juara lomba pada 2009 dan 2011. Namun rekor tetap dipegang oleh atlet paragliding dari Swiss, yang menyelesaikan lomba kurang dari 10 hari pada ajang tahun 2009. Luar biasa!.

Lomba paling ekstrem didunia

Foto-foto lomba paling ekstrem didunia


Berikut foto-foto saat lomba paling ekstrem didunia berlangsung.

Lomba paling ekstrem didunia

Lomba paling ekstrem didunia

Lomba paling ekstrem didunia

Lomba paling ekstrem didunia

Lomba paling ekstrem didunia

Lomba paling ekstrem didunia

Lomba paling ekstrem didunia

Lomba paling ekstrem didunia

Demikianlah info dari Lomba Lintas Alam Paling Ekstrem di Dunia semoga artikel ini berguna dan sekaligus dapat menambah wawasan anda sekalian.
Powered by Blogger | Google
Copyright © 2013 DiDunia.Net