5 Letusan Gunung Terdahsyat di Dunia

By , - Minggu, 26 Oktober 2014 | 04.36.00

5 Letusan Gunung Terdahsyat di Dunia - Bencana alam yang satu ini memang tidak bisa diragukan lagi kengeriannya, Selain itu gunung juga bisa menjadi bom waktu yang tidak tahu kapan gunung tersebut meletus. Untuk itu perbayaklah berndoa karena kita tahu bahwa semua makhluk hidup didunia ini bakal musnah beserta dengan bumi itu sendiri. Namun tidak ada salahnya jika kita melihat beberapa gunung yang memiliki letusan paling dahsyat didunia.

Menurut ahli Geologi, Indonesia adalah negara yang dikelilingi oleh cincin api yang merupakan jalur dari beberapa gunung berapi. Seperti yang terjadi pada letusan gunung pada waktu itu misalnya gunung Berapi, gunung Sinabung dan gunung Kelud di Kediri yang memiliki letusan yang begitu dahsyat.

Ternyata letusan gunung Kelud belum seberapa dan ada gunung ytang memiliki letusan gunung paling dahsyat yang menggemparkan dunia. Di Indonesia sendiri ada dua gunung yang masuk dalam catatan majalah Time sebagai gunung berapi terdahsyat sedunia.


Letusan gunung terdahsyat didunia
Letusan gunung terdahsyat didunia

Letusan gunung paling dahsyat didunia


Berikut ini terdapat beberapa gunung yang memiliki telusan paling dahsyat didunia sehingga menimbulkan kerusakan yang mengerikan.

1. Gunung Vesuvius


Letusan gunung terdahsyat didunia

Letusan gunung paling dahsyat didunia yang berada di teluk Maples, Italia Selatan ini masih aktif dan tercatat 30 kali meledak. Letusan dahsyat terjadi pada tahun 78 Masehi dan menghilangkan kota Pompeiii dan Stabiae.

Letusan lava dan abu tebal terjadi selama berhari-hari. Tak ada pertanda apapun, gunung Vesuvius pun meletus dan membuat orang-orang lari menyelamatkan diri. Menurut catatan ahli arkeolog tercatat 1000 orang menjadi korban.

2. Gunung Tambora


Letusan gunung terdahsyat didunia

Letusan gunung paling dahsyat didunia dengan ledakan terdahsyat kedua di Indonesia sekaligus di seluruh dunia ini meletus pada tahun 1815. Ledakan gunung ini membuat Pulau Sumbawa berada dalam kegelapan.

Dampak letusan ini menimbulkan kelaparan, penyakit dan tsunami yang membuat puluhan ribu orang tewas. Ledakan gunung ini merupakan terbesar yang pernah dicatat dalam sejarah. Bahkan panas yang menyembur melubangi atmosfir dan mengubah iklim dunia, Daerah Amerika dan Utara dan Eropa pun dilanda musim dingin hebat.

3. Gunung Pinatubo


Letusan gunung terdahsyat didunia

Letusan gunung paling dahsyat didunia Pada tahun 1991 gunung yang berada di pulau Luzon, Filipina ini meletus hebat. Untungnya letusan ini telah diprediksi dan puluhan ribu orang mengungsi menyelamatkan jiwanya.

Letusan ini menghancurkan daerah sekitar gunung karena aliran piroklastik, abu dan lahar. Tak terbayangkan seandainya letusan ini tak terprediksi, berapa ribu nyawa yang bakal melayang.

4. Gunung Mauna Loa


Letusan gunung terdahsyat didunia

Letusan gunung paling dahsyat didunia yang berada di Hawaii ini merupakan gunung berapi terbesar di dunia. Selain itu gunung ini merupakan salah satu dari gunung berapi yang membentuk Pulau Hawaii.

Gunung ini tercatat telah meletus 33 kali dan terakhir pada tahun 1984. Meski sudah tidak meletus, namun gunung ini masih aktif dan bisa meletus kapan saja.

5. Gunung Krakatau


Letusan gunung terdahsyat didunia

Letusan gunung paling dahsyat didunia adalah Gunung Krakatau meletus pada 1883 dan kekuatan ledakannya bisa didengar dari jarak ribuan mil. Bahkan batuan yang dilontarkan pun sampai di pulau-pulau kecil di laut Afrika Timur.

Menurut para peneliti letusan Krakatau sebesar 13.000 kali kekuatan bom atom. Begitu dahsyatnya hingga menimbulkan tsunami besar dan menerjang Pulau Sumatera dan sekitarnya. Pasca letusan, Krakatau merosot ke dalam laut, namun muncul pulau baru di lokasi yang sama pada tahun 1927. Hingga kini anak Krakatau masih aktif dan terkadang mengeluarkan letupan kecil.

Demikianlah info mengenai 5 Letusan Gunung Terdahsyat di Dunia Semoga artikelnya bisa bermanfaat bagi kalian semua ya, Terimakasih.
Powered by Blogger | Google
Copyright © 2013 DiDunia.Net