Inilah Efek Negatif Terlalu Lama Main Pokemon Go

By , - Minggu, 14 Agustus 2016 | 21.15.00
Belum lama ahli kesehatan memuji permainan Pokemon Go yang katanya bikin kaki pemain jadi sehat karena sering berjalan-jalan, namun di balik manfaatnya itu ternyata para pemain juga bisa mengalami cedera di bagian leher.

Sejak dirilis Juli 2016, Pokemon Go dipuji ahli kesehatan karena manfaat yang baik bagi kesehatannya lantaran mengharuskan pemainnya untuk berjalan-jalan mengejar pocket monster (pokemon). Namun di balik manfaatnnya, para pemain juga bisa mengalami “text neck” atau cedera pada leher.

Cedera leher ini diakibatkan karena postur leher yang bengkok ke depan akibat seringnya melihat ke bawah saat mengoperasikan ponsel. Jika posisi ini dilakukan dalam waktu yang lama, maka dapat membuat otot, tendon, dan ligamen leher menjadi tegang sehingga menyebabkan rasa sakit dan kaku.

Yang lebih mengkhawatirkan lagi, jika text neck menjadi kronis, maka dapat menyebabkan degenerasi dini pada tulang belakang leher, tulang taji, dan deformitas (kelainan) pada otot.

Hal ini terutama sangat mengkhawatirkan bagi tulang belakang anak-anak muda! Pasalnya otot muda masih dalam masa tumbuh dan berkembang. Para ahli tidak yakin apakah hal ini akan berdampak dan dimiliki selama bertahun-tahun atau dekade.

Lantas gimana cara mengatasi text neck? Yuk, ikuti tips berikut ini!


Mencegah Text Neck

Jika Kamu atau orang yang Kamu sayangi suka memainkan Pokemon Go, coba ikuti tips-tips di bawah ini untuk mencegah text neck, perhatikan baik-baik ya!

1. Pegang posel pada sudut yang lebih tinggi
Semakin tinggi Kamu menggenggamnya saat bermain, maka hal ini akan mengurangi ketegangan pada leher Kamu.

Para ahli tulang, mengatakan, kita berada di titik awal gelombang masalah punggung dan leher yang disebabkan oleh postur yang buruk ketika menggunakan smartphone.

Dalam posisi netral, kepala manusia beratnya sekitar 4,5-5 kg. Kalau kita menundukkan kepala sebanyak 15 derajat, hampir menambah berat tersebut sebanyak tiga kali lipat. Kalau sebanyak 30 derajat sekitar 18 kg, sebanyak 45 derajat hampir 23 kg, dan 60 derajat sebesar 27 kg. Wow! Makanya jangan sering nunduk, ya!

2. Istirahat
Setelah Kamu berhasil menangkap Pokemon, lebih baik ambil waktu istirahat sejenak untuk meletakkan ponsel Kamu dan busungkan leher serta bahu Kamu ke belakang. Jika Kamu sedang berada di Pokestop atau Gym, lebih baik ambil istirahat setiap 15 menit sampai 20 menit sekali.

3. Regangkan leher
Gunakan alat kesehatan tulang luvina neck stretcher kemudian tundukkan leher Kamu ke bawah, kemudian angkat kepala melihat langit-langit secara perlahan-lahan. Lalu ikuti tutorial yang ada dalam alat tersebut.

Selain text neck, pemain Pokemon Go juga dapat tersandung dan jatuh saat berjalan sambil melihat ponselnya. Ingat, jangan begitu sibuk dengan gim ini saat sedang berjalan, terutama jika sedang berjalan di pinggir jalan atau menyeberang.
Powered by Blogger | Google
Copyright © 2013 DiDunia.Net