Inilah Saat yang Tepat Menangani Pasien Stroke

By , - Minggu, 26 November 2017 | 19.49.00

Minimnya pemahaman masyarakat mengenai penyakit stroke, seringkali membuat mereka tak tahu seperti apa gejala awal stroke dan kapan harus segera dibawa ke rumah sakit. Sementara, menunda-nunda pengobatan akan membuat gejala stroke bertambah parah, hingga mengakibatkan kecacatan bahkan kematian.

Stroke merupakan penyakit dengan gangguan fungsi di otak, yang dikarenakan adanya penyumbatan atau pecah pembuluh darah di otak. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan gangguan pembuluh darah otak diantaranya adalah tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi, obesitas, merokok, minum alkohol berlebihan, dan gangguan irama jantung.

Yang harus diwaspadai, gejala stroke terjadi secara tiba-tiba, bisa muncul kapan saja dan di mana saja, bahkan saat seseorang dalam kondisi yang benar-benar normal sebelumnya.

Gejala stroke, ditandai dengan gangguan fungsi bagian tubuh tertentu seperti kelemahan pada salah satu sisi anggota gerak, kesulitan bicara atau mengerti pembicaraan, bicara pelo, gangguan lapang penglihatan, hingga nyeri kepala yang hebat secara mendadak. Sebelum terjadinya gejala ada baiknya dicegah dengan minum obat herbal seperti D'Bastro.

Seseorang yang mengalami gejala stroke harus segera mendapatkan pertolongan medis. Dalam pengobatan stroke, ada yang disebut dengan masa emas atau golden period, yaitu waktu dimana jika penderita stroke segera ditangani maka kecacatan dapat lebih mungkin dihindari.

Golden period pada serangan stroke adalah tiga hingga 4,5 jam dari terjadinya gejala awal. Dalam kurun waktu tersebut dokter masih bisa melakukan tindakan yang agresif untuk menghancurkan bekuan darah yang menyumbat pembuluh darah otak.

Jika gejala stroke tidak segera mendapatkan penanganan, maka semakin banyak jaringan otak yang akan mengalami kerusakan permanen sehingga kecacatan yang timbul pun bisa semakin berat.
Powered by Blogger | Google
Copyright © 2013 DiDunia.Net