Awas, Alat Masak Antilengket Bisa Berbahaya, Ini Pemicunya

By , - Kamis, 27 Desember 2018 | 23.38.00

Peralatan masak antilengket sangat membantu dalam memasak agar lebih praktis. Selain penggunaan minyak yang lebih sedikit, perlengkapan masak ini juga dapat dibersihkan dengan mudah.

Sayangnya, lapisan anti-lengket seperti teflon yang kualitasnya rendah sangat mudah mengelupas. Dan kondisi ini dikabarkan bisa berbahaya untuk kesehatan manusia.

Lapisan yang terangkat itu bisa bercampur dengan bahan makanan yang sedang dimasak. Dan teflon merupakan lapisan kimia yang dikenal dengan sebutan Polytetrafluoroethylene (PTFE).

Teflon pertama kali dibuat pada 1930-an dan dikenal karena penggunaannya dalam peralatan masak. Di sisi lain, bahan ini juga banyak digunakan sebagai bahan pelapis kabel atau kain.

Perfluorooctanoic yang terdapat pada teflon jadi perhatian karena dicurigai bisa memicu masalah kesehatan. Jejak bahan kimia yang tertinggal pada peralatan masak bisa saja menimbulkan penyakit-penyakit seperti ginjal kronis, gangguan tiroid, penyakit hati, kanker testis, dan infertilitas.

PTFE sendiri tidak aktif, artinya tidak akan bereaksi dengan bahan kimia di dalam atau di luar tubuh. Tetapi jika memanaskan panci dan wajan berlapis PTFE dengan sangat panas (hingga lebih dari 660 ° Fahrenheit), dapat menyebabkan gejala sementara seperti batuk, demam, atau sakit tenggorokan.

Kondisi tersebut adalah gejala sementara dan bukan efek jangka panjang. Jadi jika memiliki kekhawatiran menggunakan teflon dengan kualitas jelek, cobalah untuk ke peralatan masak masa kini seperti peralatan masak bernama Hebatta Superpan.
Powered by Blogger | Google
Copyright © 2013 DiDunia.Net